intro ads

Pengertian Energi Terbarukan




Mungkin ada sebagian orang yang masih belum terlalu mengerti apa itu energi terbaruka, Nah, oleh karena itu kami akan mecoba menjelaskan apakah itu energi terbarukan. Energi Terbarukan itu sendiri berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, tenaga air, dan panas bumi. Konsep energi terbarukan itu sendiri mulai dikenal pada tahun 1970-an, sebagai upaya masyarakat untuk mengimbangi pengembangan energi berbahan bakar nuklir dan fosil yang tidak ramah terhadap lingkungan hidup.

Definisi atau pengertian paling umum dari energi terbarukan adalah sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan. Dengan definisi ini, maka bahan bakar nuklir dan fosil tidak termasuk di dalamnya.

Energi Terbarukan Berkelanjutan

Dari definisi dan pengertian energi terbarukan diatas, dapat disimpulkan bahwa semua energi terbarukan sudah pasti juga merupakan energi berkelanjutan, karena senantiasa tersedia di alam dalam waktu yang relatif sangat panjang sehingga tidak perlu khawatir atau antisipasi akan kehabisan sumbernya.

Energi terbarukan adalah antitesis untuk energi berbahan bakar fosil seperti minyak dan batubara. Bahan bakar fosil memiliki tradisi penggunaan yang panjang, sementara sektor energi terbarukan baru saja mulai berkembang beberapa dekade belakangan, dan ini adalah alasan utama mengapa energi terbarukan masih sulit bersaing dengan bahan bakar fosil.                     

Energi terbarukan masih perlu meningkatkan daya saing, karena sumber energi yang terbarukan masih membutuhkan biaya yang lebih mahal, dan masih membutuhkan subsidi untuk tetap kompetitif dengan bahan bakar fosil. Namun,  dengan semakin tingginya perkembangan teknologi pada energi terbarukan, akan terus pula menurunkan harganya dan hanya masalah waktu  energi terbarukan akan memiliki harga yang kompetiti tanpa subsidi dibandingkan bahan fosil.


Energi terbarukan adalah cara terbaik untuk mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim yang sudah semakin menunjukkan tanda-tandanya. Energi terbarukan akan mengurangi penggunakan bahan bakar fosil yang terus kita bakar, mengurangi pembakaran bahan bakar fosil berarti juga mengurangi emisi karbon dioksida dan memberikan dampak perubahan iklim yang lebih rendah.

Latest

1 comments:

mantap gan artikelnya....saya tunggu saya kunjungan balik www.infotechboltim.org


EmoticonEmoticon